Tips dari Nabi Agar Kita Lebih Bersyukur Atas Nikmat Allah yang Tak Terhingga

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebanyak apapun nikmat yang sudah Allah berikan kepada seorang hamba, tetapi jika tidak diiringi dengan rasa syukur, pasti akan terus merasa kurang dan kurang. Bahkan ada juga orang yang meskipun hidupnya sudah enak, serba ada, tapi masih aja nggak seneng ngeliat tetangganya punya sesuatu yang lebih dari dirinya. Panas aja deh bawaannya.

Padahal ya Sob, semua harta kekayaan yang dimiliki itu hanyalah titipan dan nggak bakal dibawa mati. Allah juga nggak menilai derajat seseorang hanya dari harta atau jabatannya. Apalagi kalau ternyata harta banyak tapi nggak pernah sedekah atau dipake buat hal-hal yang bermanfaat. Nggak ada gunanya!

Dari Abu Hurairah yang dimarfu'kan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan harta benda kalian, tetapi Dia hanya memandang kepada amal dan hati kalian." (HR Ibnu Majah No 3133)

Nah, Rasulullah punya tips yang sederhana tapi ngena banget nih Sob supaya kita bisa menjadi hamba yang lebih bersyukur. Yakni dengan melihat orang yang mungkin kondisinya nggak lebih baik dari kita.

Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Lihatlah orang yang ada di bawah dari kalian, jangan melihat yang ada di atas kalian, karena yang demikian lebih mendorong untuk tidak mengurangi nikmat Allah atasmu." (HR Tirmidzi no 2437)

Sederhana banget kan Sob? Cukup kita melihat dan belajar memahami kondisi orang-orang yang mungkin dari sisi ekonomi berada di bawah kita. Melihat mereka yang meskipun tidak kaya harta namun memiliki hati yang mulia.

Sebab jika kita hanya melihat ke atas, melihat orang-orang yang kondisinya jauh lebih baik dari diri kita, maka kita akan sulit untuk bersyukur. Bersyukur karena ternyata kita lebih Allah mudahkan dibandingkan orang lain.

Dan dengan begitu, kita tidak akan sulit untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sebab dengan berbagi, Allah akan mengayakan hamba-Nya.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...