Tips Hilangkan Kantuk di Pagi Hari

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Mengantuk merupakan suatu hal yang wajar. Sebagian dari Sobat Nida pasti sering mengantuk di pagi hari dan merasa enggan untuk memulai aktivitas sehingga rasanya ingin kembali tidur lagi. Tentunya hal ini bisa berbahaya bagi kamu yang memiliki aktivitas di pagi hari, seperti ketika bekerja atau belajar di sekolah.

Ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Bagi Sobat Nida yang sering mengalami hal ini, perlu menyiasati agar tidak merugikan diri sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Matikan Lampu
Biasakan setiap sebelum tidur untuk mematikan lampu karena cahaya lampu yang sangat terang bisa mengganggu tidur. Tak hanya itu, cahaya lampu yang terlalu terang akan membuat kinerja matamu lebih keras sehingga akan lebih susah tidur. Untuk ukuran cahaya yang lebih rendah, cobalah menggunakan lampu tidur.

2. Tidur Cukup
Pastikan Sobat Nida mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Usahakan untuk selalu tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama juga. Hal ini terlihat sepele, namun sangat membantu dan membuat tubuh menjadi segar sepanjang hari dan pastinya akan membuatmu terbebas dari rasa kantuk di pagi hari.

3. Mandi Pagi
Air dingin di pagi hari akan membuat tubuhmu menjadi segar sehingga otomatis akan membuat rasa kantukmu menjadi hilang. Selain itu, dengan mandi di pagi hari Sobat Nida juga menjadi bersemangat dan percaya diri dalam menjalani aktivitas seharian.

4. Minum Air Putih
Agar menghilangkan rasa kantuk di pagi hari, kamu perlu membiasakan diri minum segelas air putih setiap bangun tidur. Ketika tidur, cairan tubuh terkuras dan untuk mengembalikan kadarnya lagi, maka kamu butuh meminum air putih. Dianjurkan untuk meminum air putih dingin sebab ampuh dalam menyegarkan tubuh dibanding minum air hangat. Tapi, jika Sobat Nida merasa lebih nyaman dengan air hangat pun tak masalah.

5. Sarapan
Jangan sesekali Sobat Nida melewatkan waktu sarapan. Dengan sarapan, kamu tidak akan makan dengan porsi besar di siang hari sehingga tidak akan cepat lelah dan mengantuk seusai makan siang. Pilihlah jenis makanan berprotein tinggi, buah-buahan dengan kaya serat, dan segelas susu untuk membuat tubuh lebih segar sepanjang hari. Ada berbagai menu sarapan yang sehat dan tepat, seperti sereal, oatmeal, yogurt, roti gandum atau telur yang bisa kamu variasikan.

6. Olahraga
Tidak perlu berolahraga berat, kamu cukup berlari atau berjalan santai di pagi hari saja sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi segar. Olahraga akan meningkatkan stamina dan mood di pagi hari sehingga nantinya kamu akan bersemangat menjalani hari dan terhindar dari rasa kantuk.

7. Pijatan Ringan
Menurut penelitian University of Michigan, melakukan pijatan ringan di area pelipis dapat meningkatkan stamina tubuh dan membuatmu tetap terjaga setelah tidur malam. Ada lima titik pijat untuk merangsang tubuh agar tidak cepat mengantuk, yaitu bagian puncak kepala, bagian antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, di bawah mata kaki, dan di pangkal leher.

Cobalah untuk melakukan beberapa cara yang menurutmu paling mudah. Apabila cara-cara tersebut tidak juga ampuh, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Ketika kamu sudah cukup tidur, tetapi tubuh masih lemas dan mudah ngantuk, sebaiknya diperiksa agar bisa diatasi sedari awal jika ada masalah. Semoga bermanfaat! (Dina Nazhifah)

Sumber: halosehat(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...