Tips Kuat Berpuasa Tanpa Kelaparan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, yang namanya puasa pasti wajar aja dong kalau ngerasa haus dan lapar? Apalagi kita terbiasa makan tiga kali dalam sehari.

Setiap orang biasanya mempunyai caranya masing-masing untuk menahan rasa itu. Ada yang dengan banyak tidur, main game, sering mandi dan sejenisnya.

Nggak salah sih ... Cuma, kebanyakan tidur, main game itu juga nggak baik dan membuat waktu kita menjadi tidak produktif.

Sebenernya rasa lapar dan haus itu bisa diminimalisir lho Sob. Gimana caranya?

1. Mengakhirkan Sahur

Anas bin Malik radhiallahu 'anhu berkata; Nabi shallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Bersahurlah kalian, karena di dalam sahur ada barakah." (HR Bukhari No 1789)

Rasulullah sangat menganjurkan sahur, Sob. Selain di dalam sahur itu mengandung keberkahan, tentunya dengan sahur dapat membuat kita lebih terhindar dari rasa lapar. Berbeda dengan orang yang nggak sahur, pasti pagi-pagi pun udah kelaperan.

Nah, kita juga dianjurkan untuk mengakhirkan sahur Sob. Sebagaimana hadits berikut;

Dari Sahal bin Sa'ad radliallahu 'anhu berkata: "Aku makan sahur bersama keluargaku kemudian aku bercepat-cepat agar mendapatkan sujud (shalat) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ". (HR Bukhari No 1786)

2. Konsumsi Makanan Berprotein

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dapat membantu kita untuk terhindar dari rasa lapar Sob. Protein berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk mendukung tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Contoh makanan berprotein tinggi diantaranya kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau,, ikan, telur, daging, dan lainnya.

Oya, makanan berprotein tinggi biasanya dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet juga lho Sob.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Tahu nggak Sob, bahwa tujuh puluh persen tubuh kita terdiri dari cairan. Itu artinya, kebutuhan cairan tubuh sehari-hari kita sangat tinggi.

Saat kita berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan. Itu sebabnya, mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka sangatlah penting.

Jadi, jangan remehkan hal ini ya Sob. Minimal dua gelas saat sahur dan berbuka, serta dua gelas sebelum tidur, in shaa Allah dapat membantu Sobat Nida agar terhindar dari dehidrasi.

4. Kurangi Makanan Asin dan Manis

Mengurangi garam dan gula saat puasa dapat membantu kita agar tidak mudah haus Sob. Karena jika kita banyak mengkonsumsinya dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Tapi bukan berarti harus benar-benar menghindarinya ya Sob. Karena biar bagaimanapun tubuh kita tetap membutuhkan gula dan garam.

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak garam dan pemanis di setiap masakannya. Jadi alangkah baiknya kita pun mengurangi fast food selama Ramadhan.

5. Tidak Tidur Setelah Sahur

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.”

Selain itu, tidur setelah sahur juga nggak baik dari sisi kesehatan karena dapat membuat asam lambung naik, sehingga dapat memicu gangguan pencernaan.

Itu sebabnya, kita disunahkan untuk mengakhirkan sahur seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, agar kita tidak tidur lagi setelah sahur, tetapi dapat bergegas melaksanakan shalat Subuh.

6. Olahraga teratur

Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat membuat tubuh lebih segar, Sob.
Sobat Nida bisa menyediakan 10-15 menit menjelang waktu berbuka untuk sekedar joging atau olahraga ringan lainnya.

7. Segerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka merupakan salah satu sunah sebagaimana hadits berikut;

Dari Sahal bin Sa'ad bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka". (HR Bukhari No 1821

Dengan menyegerakan berbuka, tentunya tubuh akan kembali segar dan bersemangat untuk melaksanakan ibadah. Tapi tetap ingat, jangan berlebihan ketika berbuka ya Sob. Jangan sampai karena lapar mata, kita malah kekenyangan dan akhirnya malah malas untuk melaksanakan ibadah.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...