Tips Mudik Aman dan Nyaman

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebentar lagi lebaran nih. Dan ... Berhubung banyak masyarakat kita yang merantau ke luar daerah, biasanya banyak orang yang berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman. Istilah kerennya mah mudik.

Lebaran memang selalu menjadi momen spesial bagi umat muslim. Lebaran nggak pulang, kayaknya kasian gitu ya. Apalagi kalau orangtua, serta sanak-saudara di kampung semua.

Ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan mudik Sob. Supaya perjalanan mudik berjalan lancar, aman dan nyaman tentunya.

Apa saja tipsnya? Ini dia!

1. Tentukan transportasi yang tepat dan sesuai budget

Transportasi merupakan hal utama yang perlu Sobat Nida perhatikan.

Untuk Sobat Nida yang rumahnya jauh dan harus ke luar pulau, ada baiknya menggunakan transportasi udara. Selain lebih efisien, juga membuat badan tidak terlalu kelelahan jika dibandingkan menggunakan moda transportasi lain. Entah laut maupun darat. Namun jika budget tidak mencukupi, gunakan transportasi lain yang sesuai.

Buat Sobat Nida yang mudiknya tidak terlalu jauh, ada baiknya memanfaatkan transportasi umum saja. Bisa kereta, bus, kapal laut. Selain lebih hemat, penggunaan transportasi umum ini juga dapat membantu mengurangi kemacetan.

Dan jika mudik bersama keluarga, memang akan lebih hemat jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun tetap perhatikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Jangan sampai kendaraan tersebut mogok di tengah jalan.

Sebisa mungkin, hindari menggunakan sepeda motor saat bepergian jauh, Sob. Kecuali nggak ada opsi lain, nggak papa lah.

2. Bawa bekal makanan dan minuman sendiri

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan transportasi umum seperti bus, kapal, kereta dan sejenisnya, hindari menerima makanan/minuman dari orang asing.

Bukan bermaksud su'udzon terhadap orang yang ingin berbuat baik kepada kita, tapi lebih kepada kita yang harus waspada.

Ingat Sob, saat arus mudik dan balik kejahatan biasanya semakin meningkat. Meskipun masih suasana bulan suci, tetep aja ada orang yang memanfaatkan kelengahan seseorang.

3. Hindari penampilan mencolok

Ada baiknya tidak menggunakan perhiasan-perhiasan atau sesuatu yang mencolok saat mudik. Khususnya bagi Sobat Nida yang menggunakan transportasi umum.

Perhiasan yang mencolok hanya akan menjadi perhatian orang, terutama penjahat yang sedang dinas.

Jadi, simpan dulu barang-barang berharga kamu saat mudik ya ...

4. Tetap di kerumunan/jangan menyendiri

Berada di tempat yang sepi juga berbahaya Sob. Yang namanya orang jahat, pasti tahu momen yang tepat untuk melancarkan aksinya.

Ingat, kejahatan bukan hanya terjadi karena niat pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan.

Semakin kamu menjauhi kerumunan, semakin besar potensi kamu untuk didekati penjahat. Jadi, tetaplah berada di antara kerumunan.

5. Bawa uang tunai secukupnya

Ini juga penting nih.

Membawa uang tunai berlebihan itu juga nggak bagus Sob. Kalau lagi Allah kasih ujian, entah kecopetan, dompet jatuh atau lainnya, pasti bakal ngenes dong ...

Makanya, sebaiknya kamu cukup bawa uang buat keperluan penting seperti makan dan minum. Ya lebihin sedikitlah buat jaga-jga, jangan ngepress juga. Sisanya, tetap simpan di ATM. Atau kalau kamu nggak punya rekening, transfer aja uang kamu ke orangtua kamu. Jadi nanti bisa kamu gunakan ketika sudah sampai di rumah.

Atau ... Jika memang terpaksa kamu bawa uang tunai dalam jumlah banyak, jangan disimpan di satu tempat. Pisahkan menjadi beberapa bagian dan tempatkan di tempat yang berbeda.

Nah, itu dia tips mudik a la Nida. Semoga bermanfaat ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...