Tubuh Kurang Serat, Ini Tanda-Tanda yang Perlu Diwaspadai

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh, sehingga di usus, serat dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, sering kita jumpai jika seseorang mengalami sembelit, disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah (karena banyak mengandung serat). Selain sembelit, ada bahaya lain jika tubuh kekurangan serat yang perlu diwaspadai. Apa saja sih?

1. Mudah Lapar
Kita bisa kenyang lebih lama dengan makan makanan yang kaya serat dibandingkan makanan yang kaya karbohidrat. Hal ini karena kandungan serat bisa membentuk materi yang mirip gel di saluran pencernaan yang membuat penyerapan nutrisi di aliran darah lebih lambat. Jadi bisa merasa kenyang lebih lama. Kalau Sobat Nida sering merasa lapar meski baru selesai makan, ada kemungkinan tubuhnya kekurangan serat.

2. Sulit Menurunkan Berat Badan
Karena mudah lapar, kekurangan serat dalam tubuh membuat susah untuk menurunkan berat badan. Ini mungkin penyebab Sahabat Ummi susah untuk diet. Kalau sudah begini, kemungkinan tubuh kekurangan serat.

3. Kolesterol Tinggi
Salah satu fungsi serat yaitu menyerap zat berbahaya yang mengakibatkan kolesterol jahat. Kurangnya serat akan membuat kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh. Sebuah riset yang dilansir dari American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa asupan tinggi serat larut dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan LDL hingga 60-70%.

4. Kekurangan Energi dan Memicu Penyakit Diabetes
Bila tubuh banyak mengonsumsi karbohidrat, kita akan mengalami kenaikan gula darah yang cepat setelah makan. Lalu, tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin yang berakibat pada kekurangan energi. Tapi, jika kita makan makanan berserat, gula darah akan stabil. Dan seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat hariannya akan berisiko kecil terserang diabetes tipe 2.

5. Serangan Jantung
Dalam sebuah penelitian jangka panjang, mengonsumsi makanan berserat juga mmampu mencegah penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasika di The BMJ, mereka yang selamat dari serangan jantung memiliki kesempatan lebih besar untuk hidup lebih lama jika memperbaiki asupan serat mereka.

Itulah bahaya yang ditimbulkan akibat tubuh kekurangan serat. Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Sahabat Ummi bisa mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, atau gandum. Sudahkah mengonsumsi makanan berserat hari ini? (Cucu Rizka Alifah)

Sumber
: merdeka(dot)com, halosehat(dot)com
Ilustrasi: google

 

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...