Ukhti, Baca Quran dan Ngaji Saja Tidak Cukup, Perbaiki Akhlakmu

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, suka bingung gak sih lihat muslimah yang rajin baca quran, rajin ikut pengajian, tapi untuk urusan akhlak malah bermasalah?

Ada yang selalu pasang tampang cemberut alias merengut, ada yang tidak peduli dengan kesusahan orang lain, ada yang berkata kasar, ada yang hobi men-judge orang lain, ada juga yang suka bikin orang susah. Hadeuh...

Di mana bekas ngaji dan tilawah quran yang dibaca tiap hari? Sedangkan Rasulullah diutus bukan sekadar untuk membuat kita melakukan amal ibadah, melainkan untuk berakhlak mulia.

Buat kamu yang merasa ada masalah dalam urusan akhlak, ada baiknya mulai mengubah akhlakmu dari sekarang. Daripada hangus amalan ibadahmu karena akhlakmu yang menyulitkan orang lain, coba simak hadits ini:

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu berkata, pernah ditanyakan kepada Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Wahai Rosulullah, sesungguhnya si Fulanah suka sholat malam, shoum di siang hari, mengerjakan (berbagai kebaikan) dan bersedekah, hanyasaja ia suka mengganggu para tetangganya dengan lisannya?”. 

Bersabda Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Tiada kebaikan padanya, dia termasuk penghuni neraka”. Mereka bertanya lagi, “Sesungguhnya si Fulanah (yang lain) mengerjakan (hanya) sholat wajib dan bersedekah dengan sepotong keju, namun tidak pernah mengganggu seorangpun?”. Bersabda Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Dia termasuk penghuni surga”. [HR al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrod: 119, Ahmad: II/ 440, al-Hakim: 7384 dan Ibnu Hibban. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih, lihat Shahiih al-Adab al-Mufrad: 88 dan Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah: 190].

Sebenarnya gak sulit lho Sob untuk mempercantik akhlak, yang paling utama adalah mempelajari akhlak Rasulullah, bisa melalui hadits-hadits beliau. Rasulullah bukanlah seorang yang suka mempersulit orang lain, wajah beliau tak pernah menakutkan sahabatnya, beliau orang yang senantiasa berwajah cerah dengan senyuman, tutur katanya baik, selalu mempermudah urusan orang lain.

Setelah memahami akhlak yang dicontohkan Rasulullah, penting meresapi ayat quran dan materi pengajian yang sering kamu ikuti! 

Nggak cukup lho sekadar baca quran sekian juz tiap hari, atau ikutan ngaji pekanan, sudah praktikkan belum melalui akhlakmu?

Sobat Nida, Islam adalah rahmat bagi semesta alam, dan hal itu hanya bisa terwujud jika kita selaku muslim mampu mengamalkan akhlak mulia. Dakwah yang utama salah satunya tercermin dari perilaku kita.

Jika akhlak pada sesama muslim saja begitu buruk, bagaimana kita bisa menginspirasi kebaikan pada non muslim? Semoga Allah mudahkan untuk mempercantik akhlak, terutama untukmu muslimah yang taat dan banyak melakukan amalan ibadah.
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...