Usia Ideal untuk Menikah Bagi Perempuan Beserta Alasannya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sering mendengar istilah nikah muda atau perawan tua? Ya, dua istilah ini sering digunakan untuk mereka yang (katanya) menikah terlalu muda atau telat menikah. Jadi, sebenarnya usia ideal untuk menikah itu berapa sih?

Usia ideal menikah bagi seorang perempuan harus dilihat dari berbagai sisi. Entah sisi sosial, psikologis, ekonomi, dan rohani. Beberapa hal ini bisa dijadikan tolak ukur bagi kita untuk melihat kematangan seseorang.

Sob, menurut Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), “Perlu dipertimbangkan medis dan psikologisnya. Untuk perempuan, idealnya menikah di usia 20-35 tahun. Sedangkan untuk laki-laki beda 5 tahun yakni 25-40,” ujarnya. (Dikutip dari detik(dot)com)

Hal ini dikarenakan usia 20-an ke atas, organ reproduksi perempuan sudah siap mengandung dan melahirkan. Sedangkan untuk perempuan yang menikah di atas 35 tahun dan kemudian hamil, ini harus diperhatikan dengan baik. Pengecekan kehamilan secara berkala sangat diperlukan pada usia ini karena risikonya sama dengan kehamilan di bawah 20 tahun dan di atas 35 tahun.

 

Baca juga: Aku Ingin Menikah dengan Sederhana

 

Hal serupa diungkapkan situs lainnya, perempuan dianjurkan menikah pada usia 20-35 tahun. Hal ini dapat meningkatkan kualitas keturunan dan menurunkan risiko kanker serviks dan payudara. Karena pernikahan sebelum usia 20 tahun dan setelah 35 tahun akan meningkatkan risiko kedua kanker tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, pernikahan pada usia ini dikatakan ideal karena perempuan dengan rentang usia ini sudah memasuki kematangan finansial dan rata-rata sudah menyelesaikan pendidikan tinggi.

Sob, menikah pada usia ini juga akan mengurangi risiko kecemasan orang tua tentang ego masa muda dan kematangan finansial serta psikologis yang masih rendah.

Tapi ini bukan alasan untuk menunda pernikahan lho, Sobat Nida. Kalau kita merasa sudah siap secara mental, ruhiyah, dan finansial, tidak ada alasan untuk menunda pernikahan lebih lama.

 Foto ilustrasi: google

Nidaul Fauziah

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...