Walau Tak Mudah, Memaafkan Orang Lain Itu Perlu Lho

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, ketika ada orang yang membuatmu sakit hati, bisa nggak sih kamu memaafkan orang tersebut?

Kalau masalahnya itu kecil, pasti akan lebih mudah buat memaafkan orang tersebut ya Sob. Tapi gimana kalau kejadiannya, orang tersebut membuatmu sangat terluka, sakit hati, dan juga kecewa di saat yang bersamaan? Akankah kamu dapat memaafkannya juga?

Berat... 

Gimana mungkin kita bisa memaafkan orang tersebut? Apalagi kalau ternyata orang tersebut adalah orang terdekat kita. Orang yang selama ini kita percayai untuk mendengarkan keluh kesah hidup kita.

Allah SWT berfirman:

وَجَزٰٓ ؤُا سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا ۚ   فَمَنْ عَفَا وَاَصْلَحَ فَاَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗ  اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَ

"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barang siapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang zalim." (QS. Asy-Syura [42]: 40) 

Tuh... Ngebales kejahatan dengan balasan yang setimpal itu sebenernya dibolehin, tapi ada yang lebih baik daripada membalas perbuatan buruk tersebut, yakni memaafkan.

Bukan hanya itu, ternyata memaafkan orang lain juga dapat menambah kemuliaan kita di sisi Allah lho Sob.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." (HR Muslim No 4689)

Nah, uah jelas kan Sob? Nggak ada salahnya kalau mulai sekarang kita berproses untuk memaafkan orang lain. Meskipun awalnya nggak akan mudah.

Wallahua'lambishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...