Yang Buta pun Tidak Diberi Keringanan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, shalat berjama'ah bagi laki-laki merupakan hal yang lebih utama dibandingkan shalat sendirian.

Dari Ibnu Umar ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Shalat seorang laki-laki secara berjama'ah lebih utama dua puluh tujuh derajat dari shalat sendirian."

Yang dimaksudkan bukan berjama'ah di rumah ya Sob. Melainkan shalat berjama'ah di Masjid.

Bahkan shalat Subuh dan Isya yang dilaksanakan secara berjama'ah di Masjid pun memiliki keistimewaan yang besar Sob.

Dari Utsman bin Affan dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya secara berjamaah, itu seperti beribadah setengah malam dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya dan Subuh secara berjamaah, maka ia seperti beribadah semalam." (HR Abu Daud No 469)

Sayang banget kan Sob, kalau malah lebih memilih shalat sendirian atau sekedar berjama'ah di dalam rumah.

Anjuran shalat berjama'ah di Masjid ini sangat ditekankan bagi laki-laki. Bahkan bagi mereka yang tunanetra pun tidak diberikan keringanan dalam hal ini. Sebagaimana kisah berikut;

Dari Abu Hurairah dia berkata; "Seorang buta (tunanetra) pernah menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berujar "Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid." Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk shalat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling, beliau kembali bertanya: "Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?" laki-laki itu menjawab; "Benar." Beliau bersabda: "Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah shalat)." (HR Muslim No 1044)

Jelas kan Sob?

Bukan berarti Rasulullah mempersulit pengikutnya. Jika memang sudah berudzur syar'i tentunya ada keringanan untuk shalat di rumah.

Pertanyaannya, gimana nih dengan Sobat Nida yang memiliki fisik yang sempurna. Apakah masih ada yang malah lebih memilih shalat sendirian di rumah meskipun sudah tahu banyak kelebihan shalat berjama'ah di Masjid?

Kisah yang disebutkan di dalam hadits di atas merupakan motivasi bagi kalian yang sempurna. Kalau mereka yang tunanetra saja nggak diberi udzur kecuali yang benar-benar syar'i, masak kita yang sempurna kalah? Malu dong Sob!

Yuk ah, kita mulai memperbaiki diri. Buat yang cowok, belajar shalat berjama'ah di Masjid ya!

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...