Yuk Cari Tahu Cara Belajar yang Efektif

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Belajar merupakan suatu kewajiban, karena dengan belajar kita bisa menambah pengetahuan. Cara belajar yang paling banyak diterapkan pelajar saat ini adalah menghafal. Padahal cara belajar ini tidak bertahan lama dipikiran. Lalu adakah cara yang lebih efektif selain menghafal? Berikut cara belajar yang efektif:

1. Ciptakan Suasana Nyaman

Belajarlah dalam kondisi yang membuat Sobat Nida nyaman. Karena dengan suasana yang nyaman, dapat mempermudah menerima pelajaran atau menyerap bacaan yang dibaca.

2. Membuat Catatan Penting

Cara belajar ini adalah salah satu tips belajar yang banyak dipakai. Cara ini juga berguna saat akan menghadapi ujian. Sobat Nida hanya perlu membaca kembali apa yang pernah dirangkum.

3. Belajar dengan Kelompok

Belajar kelompok merupakan cara belajar yang baik dan efektif karena belajar bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan belajar sendiri. Sebaiknya jika Sobat Nida akan belajar kelompok belajarlah dengan teman yang rajin dan pandai agar bisa termotivasi.

4. Belajar Rutin Jangan Kebut Semalam

Belajar dengan cara kebut semalam hanya akan membuat kita mengingatnya hanaya sementara waktu, lama-kelamaan akan lupa. Maka cara belajar yang efektif yaitu belajar dengan rutin.

5. Jangan Melakukan Hal Lainnya

Saat belajar sebaiknya Sobat Nida fokus pada apa yang dipelajari. Jangan belajar sambil melakukan hal lainnya, itu akan mempuat pelajaran yang kita pelajari tidak masuk ke otak.

6. Membaca dengan Keras

Penelitian telah dilakukan, yang menunjukkan bahwa membaca informasi keras membantu siswa untuk belajar lebih cepat daripada dengan membaca diam-diam (MacLeod CM, 2010 & Ozubko JD, 2010). Hal ini karena dengan membaca dengan keras, secara tidak langsung kita telah melihat dan mendengarkan. Ini yang menjadikan membaca dengan suara keras adalah cara belajar yang efektif.

7. Mengatur Waktu Belajar

Proses belajar akan lebih tertata dengan jadwal belajar. Jadwal studi memberikan kita gambaran waktu dan tujuan yang harus dicapai. Kapan waktu untuk belajar, menonton, main, hang out dan lainnya. Sehingga kita tahu waktu belajar yang tepat. Apabila kita belajar di waktu yang kurang tepat maka, pelajaran tidak akan masuk secara maksimal.

8. Fokus pada Proses

Dalam belajar, kita jangan terpaku dengan hasil yang nanti akan kita dapatkan. Tetapi tetap fokuslah dalam belajar dan semua hasil yang baik akan diperoleh dengan sendirinya.

9. Istirahat

Sobat Nida perlu beberapa waktu untuk beristirahat dan lebih baik untuk belajar ketika merasa santai daripada belajar dan merasa tegang sepanjang hari. Biasanya, 20-30 menit studi dan kemudian 5 menit istirahat adalah metode yang paling efektif.

10. Tidur Setidaknya 8 Jam Semalam

Penelitian menunjukkan bahwa jika Sobat Nida mendapatkan tidur yang cukup, maka akan lebih fokus dan belajar lebih cepat, memori akan mudah meningkat, menurunkan stres, sehingga belajar bukan menjadi beban.

Demikian beberapa cara belajar yang efektif yang bisa dicoba Sobat Nida, semoga bermanfaat. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: news(dot)okezone(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...