Yuk Cermat Memilih Wedding Organizer Untuk Acara Sakral Kita

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Setiap calon pengantin pasti menginginkan pesta pernikahannya berjalan dengan sempurna, mulai dari akad hingga resepsi pernikahan. Untuk mewujudkan hal ini, akan sulit bagi kamu jika melakukannya sendiri.

Bagi Sobat Nida yang memiliki dana lebih, alangkah baiknya jika menggunakan jasa wedding organizer. Wedding organizer atau WO merupakan suatu jasa khusus yang bertugas membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan pelaksanaan rangkaian acara pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Tetapi, jika kamu menggunakan jasa ini, jangan sampai salah dalam memilihnya ya, Sob. Karena bila terjadi, akan mengakibatkan pesta pernikahanmu terasa kurang memuaskan. Oleh sebab itu, Sobat Nida harus cermat dalam memilih wedding organizer. Berikut beberapa cara cermat dalam memilih wedding organizer untuk acara sakralmu:

1. Mencari Referensi
Sobat Nida bisa mencari referensi di mana saja, baik bertanya kepada kerabat maupun dari internet. Biasanya kerabat akan memberikan testimoni netral dari pengalaman mereka yang sudah pernah menggunakan WO tersebut. Jika dari internet, kamu bisa mengetahui kualitas WO tersebut dengan melihat profil perusahaan, dokumentasi, dan paket apa saja yang ditawarkan. Sobat Nida juga bisa mencari referensi lewat wedding exhibiton yang sering diadakan di berbagai kota.

2. Melakukan Interview
Aturlah jadwal pertemuan dan lakukan wawancara pada beberapa WO yang sudah dipilih. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah WO tersebut cocok bekerjasama denganmu dan pasangan atau tidak. Mendapatkan WO yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah, maka carilah yang paling bisa mengerti keinginanmu.

3. Mengolah Konsep
Bagi wedding organizer kemampuan dalam mengolah konsep pernikahan ialah hal yang wajib dimiliki. Sobat Nida, buatlah konsep dasar pernikahan yang diinginkan dan biarkan mereka yang mengembangkan konsep tersebut. Kamu dapat menilai kualitas WO tersebut dari konsep yang telah mereka kembangkan.

4. Mengatur Anggaran
Carilah WO yang dapat mengatur anggaranmu dengan baik. Mintalah proposal penawaran dari anggaranmu. Jika dirasa kurang, jangan sungkan untuk memberikan beberapa masukan agar jumlah biaya yang dikeluarkan dapat dipergunakan dengan maksimal.

5. Memiliki Kru yang Komunikatif
Kerja sama antar kru merupakan hal yang sangat penting bagi wedding organizer. Oleh sebab itu, Sobat Nida harus memastikan bahwa WO yang disewa memiliki kerja sama yang baik antar kru. Cobalah untuk mengenal mereka dengan meminta waktu bertemu atau hanya bertanya melalui telepon. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah layanan dan gaya komunikasi mereka cukup profesional atau tidak.

6. Meminta Bonus
Jika Sobat Nida sudah menetapkan pilihan pada salah satu wedding organizer, tidak ada salahnya jika kamu meminta tambahan bonus yang dapat mereka berikan. Jika hal ini berhasil, maka kamu dapat menghemat anggaran pernikahan atau memberikan tambahan barang yang dapat menjadikan pesta pernikahanmu lebih baik atau lebih meriah.

7. Menandatangani Kontrak
Ketika Sobat Nida sudah menandatangani kontrak yang mengikat tersebut, pastikan kamu benar-benar membaca syarat dan kondisi untuk menghindari dari pengeluaran tambahan yang tak terduga. Selain itu, pastikan kamu mendapat ganti rugi jika WO tersebut mendadak tidak bisa menangani pesta. Surat kontrak sangatlah penting karena akan mengikat secara hukum untuk kedua belah pihak.

Demikianlah beberapa cara cermat yang dapat Sobat Nida lakukan. Jika dirasa wedding organizer yang akan membantumu tidak memiliki syarat-syarat di atas, sepertinya kamu harus mempertimbangkan ulang kembali. Karena jangan sampai anggaran pernikahanmu keluar dengan sia-sia. Happy planning, Sob! (Dina Nazhifah)

Sumber: seputarpernikahan.com, finansialku.com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...