Yuk Pilih Sobat yang Bisa Ngajak Kita ke Surga

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, selektif dalam memilih teman tentunya bukanlah hal yang mudah, baik itu teman bermain, diskusi, maupun teman curhat, terlebih lagi jika kamu sedang berada di lingkungan baru.

Dalam Islam, peran teman sangatlah penting. Mengapa? Karena teman yang baik merupakan seseorang yang dapat membantumu untuk lebih dekat kepada Allah, membuatmu menjadi lebih patuh dan taat kepada perintah dan ajaran-Nya, serta memberi keuntungan positif terhadap sesama manusia.

Allah Ta’ala berfirman, “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67).

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa Allah memerintah umat Islam untuk mencari teman yang baik, karena Ia telah memberi kita akal dan rasa untuk menilai seseorang. Jika seseorang yang kamu anggap teman, tetapi ia sama sekali tidak pernah ada dan mendukungmu dalam hal ibadah dan kebaikan, bahkan sering mencemoohmu dan melecehkan setiap kali kamu mengingatkannya untuk melakukan yang diperintahkan oleh Allah, maka ia bukanlah teman surga.

Oleh sebab itu, carilah teman yang di sepanjang waktunya memikirkan bagaimana caranya menggapai pahala, bisa dekat, dan menggapai keridhaan Allah. Jalinlah persahabatan dengannya. Teman yang sholeh dan sholehah pun akan senantiasa menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat. Carilah teman yang baik serta sholeh dan sholehah yang bisa menjadi batu loncatan bagimu untuk menuju surga.

Rasulullah bersabda, “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Sebaik baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya.” (HR Al-Hakim).

Sobat Nida, setelah mengetahui ayat dan hadits yang membahas mengenai teman surga, lalu bagaimana sih kriteria teman yang baik itu?

Hal-hal penting yang harus Sobat Nida pikirkan ketika memilih teman ialah kedekatan mereka kepada Allah. Kamu bisa tahu kedekatan tersebut bukan hanya dari penampilan, tetapi juga melalui tingkah laku, kebiasaan, dan akidahnya.

Jika kamu jarang shalat, jarang berpuasa, gemar bergosip, atau tidak memiliki peran aktif dalam masyarakat, maka sudah seharusnya kamu memiliki teman-teman yang mampu memperbaiki perilaku dan sikapmu menjadi lebih baik. Alangkah buruknya jika kamu memiliki teman yang justru memperburuk moral, sikap, bahkan akidahmu.

Karena teman-teman yang memiliki perangai buruk bisa mendorongmu untuk melakukan tindakan-tindakan yang buruk juga, seperti berbohong, merokok, kecanduan narkoba, bahkan berzina.

Sementara itu, teman yang sholeh dan sholehah bisa memberikan pengaruh positif bagi kehidupan dan membuat hidupmu menjadi lebih baik dunia dan akhirat. Misalnya, teman yang aktif di organisasi kampus bisa mendorongmu untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatannya. Hal demikian lebih baik daripada kamu menghabiskan waktu melakukan kegiatan tidak bermanfaat atau sesuatu yang haram bersama teman-teman berkelakuan buruk.

Teman yang baik bisa menemanimu untuk mengunjungi panti asuhan, menghadiri pengajian atau menghabiskan waktu untuk kegiatan bermanfaat lainnya. Bahkan, selain bermanfaat, semua itu juga bernilai pahala di sisi Allah.

Oleh karena itu, carilah teman yang mengajak Sobat Nida ke surga dan janganlah mencari teman yang mengajakmu ke neraka. (Dina Nazhifah)

Sumber: Berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...